Kriteria ayam jawara

  Di indonesia banyak sekali penghoby ayam petarung,sejak jaman majapahit sampai sekarang.
Karena penghoby ayam petarung/ayamvam aduan bukan hanya uang atau kesenangan semata tetapi harga diri juga dipertaruhkan.
Oleh Karena itu harus jeli dalam memilih ayam petarung/ayam aduan, agar mendapat ayam petarung yang mempunyai potensi menjadi jawara.
berikut yang harus perhatikan dalam memilih ayam petarung /ayam aduan.......

1.pertahan 

ayam petarung/ayam aduan yang mempunyai potensi menjadi jawara tentunya  mempunyai harus pertahanan yang bagus dan agar mudah dijatuhkan oleh lawan. 

Akepala/muka ayam 

 Ciri-ciri kepala atau muka ayam yang memiliki pertahanan yang Baik adalah:
kepala berbentuk panjang Dan memiliki pipi yang tebal berotot ,identik ayam cerdas dan kuat menahan pukulan lawan,jika bertemu lawan tipe pemukul kepala tidak kawatir. 

B. leher

Ciri-ciri leher ayam yang mempunyai pertahanan bagus adalah : leher berbentuk pendek dan mempunyai struktur tulang yang rapat ,leher yang tak mudah dipatahkan,jika bertemu dengan lawan tipe pemukul leher tidak kawatir. 

C. badan/body

Ciri-ciri body ayam yang memiliki pertahanan yang bagus adalah: body pajang  berotot,bahu yang naik memiliki kemampuan menyerang dan pertahanan yang bagus jika bertemu dengan lawan tipe pemukul badan tidak kawatir. 

2.teknik

Ayam Petarung /ayam aduan yang mempunyai potensi menjadi jawara tentunya mempunyai teknik/jurus yang bagus agar bisa menang kekita bertarung dengan lawan. 

A. Jengger telon(pagar gunung) 

Ayam yang mempunyai jengger telon (pagar gunung) mempunyai teknik/jurus yang bagus dan tidak mudah dibaca oleh lawan artinya : jika lawan tidak mudah di taklukan dengan Jurus A, maka ayam tersebut menggunakan Jurus B dan seterusnya. 

B. Mata 

Fungsi mata adalah reflek tinggi, ayam yang memiliki mata yang bagus adalah ayam yang mempunyai reflek yang tinggi dalam memukul atau menghindari pukulan lawan, dan bisa membaca gaya bertarung lawan.

3.pukulan

Selain pertahanan Dan teknik ayam, pukulan juga sangat penting agar bisa dengan mudah mengalahkan lawan berikut Ciri-ciri ayam yang memiliki pukulan mematikan

A.badan / body

 Badan / body sangat menentukan bobot pukulan,jenis badan yang besar, panjang, dan berotot Selain memiliki pertahanan yang bagus,juga memiliki bobot pukulan yang sangat baik. 

B. Paha 

Selain badan/body ,paha juga sangat menentukan bobot pukulan ayam. 
Jenis paha yang bagus berbentuk panjang,tebal dan berotot adalah jenis paha yang mempunyai pukulan berbobot 


C. Ekor

Selain badan/body Dan paha, ekor yang menentukan kecepatan dan akurasi pukul.
Jenis ekor yang mempunyai kecapatan dan akurasi yang bagus adalah : ekor memiliki lancur panjang lurus naik dan keras/kaku adalah jenis ekor yang memiliki kecepatan dan akurasi yang baik 

D.kaki

Selain badan/body,paha Dan ekor, kaki adalah senjata yang terakhir untuk menentukan pukulan,ada dua jenis kaki yang menentukan keras/sakit yaitu jenis kaki tulang dan jenis kaki otot,yang saya maksud bukan Soal sisik kaki ayam,kaki ayam yang mempunyai jenis sisik apapun asalkan masuk kriteria kaki tulang dan kaki otot.

 Sekian dulu penjelasan saya,diartikel saya yang lain saya sudah jelaskan lewat Tulisan Dan gambar secara detail.
Semoga bermanfaat bagi para pembaca tentunya bagi penghoby ayam petarung.
Yang mau berkonsultasi sertakan gambar ayam anda di komentar

Salam satu hoby 


Comments

Popular Posts