Keistimewaan jengger telon (PAGAR GUNUNG)


  • Jengger pagar gunung 
Kenapa saya menamakan jengger tersebut jengger pagar gunung,karena jengger tersebut memiliki tiga Gunungan /profil jengger. 
Baiklah saya akan menjelaskan apa saja fungsi dari tiga Gunungan/profil jengger tersebut,gambar yang saya contohkan bukanlah jenis pagar gunung yang smpurna, Karena jengger pada gambar diatas letaknya terlalu kebelakang dan menutupi kepala,tapi anggap saja itu jengger pagar gunung. 

  • Gunungan/profil jengger petama
Gunungan/profil jengger yang pertama letaknya tepat di atas lubang hidung dan membentuk seperti jidat.
Gunungan/profil jengger yang pertama memiliki teknik atau gaya  bertarung : jika ayam berhadapan dengan lawan ayam akan menukik masuk ke sayap atau nikus kebagian bawah badan lawan.


  • Gunungan/profil jengger kedua
Gunungan yang kedua yang letaknya ditengah memiliki teknik atau gaya bertarung untuk mengunci leher lawan atau memeluk ada juga yang ngalung. 
  • Gunungan/profil jengger yang ketiga
Gunungan yang Ketiga memiliki tiga jenis masing-masing berbeda fungsi atau Jurusnya.
  • Bagian pertama menempel di kepala
Jika gunungan yang Ketiga menempel atau menancap di kepala, berarti ayam tersebut akan menempel rapat dengan badan lawan.

  • Bagian kedua mengangkat tingginya sejajar dengan Gunungan jengger yang di depan.
Jika Gunungan yang Ketiga mengangkat namun tingginya sejajar dengan gunungan/profil jengger yang di depan, berarti ayam akan Lari memutar kesamping dibawah leher lawan. 

  • Bagian Ketiga mengangkat posisinya lebih tinggi dari Gunungan/profil jengger yang di depan
Jika Gunungan yang Ketiga mengangkat posisinya lebih tinggi dari gunungan/profil jengger yang ada di depan, berarti ayam menukik kebawah terus kebagian bawah badan lawan.

Keistimewaan ayam yang memiliki jengger pagar gunung adalah tidak mudah Untuk di intip oleh lawan Karena ayam petarung yang mempunyai jengger pagar gunung punya banyak Jurus Untuk menaklukan lawan

Trimakasih semoga penjelasan saya bisa dimengerti, Karena yang saya jelaskan berkaitan dengan logika.
Semoga bermanfaat bagi para pembaca tentunya bagi penghoby ayam petarung.

Yang Mau berkonsultasi sertakan foto ayam anda di komentar

Salam satu hoby


Comments

Popular Posts