Ciri - ciri babon berkualitas

   Apa kabar sahabat pecinta ayam aduan dimanapun anda berada salam sejahtera dan salam kukuruyuk.

Kami mau berbagi sedikit pengetahuan tentang cara beternak ayam aduan ,agar hasil ternak membanggakan tentunya.

Buat sahabat yang Mash baru dalam beternak ayam aduan,barang kali masih bingung mencari calon biang yang bagus kualitasnya dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Terkadang ayam yang kita beli dengan harga yang sangat mahal belum tentu kualitasnya bagus,karena mungkin msh ada yg belum paham,kami tidak bermaksud sok pinter atau merasa paling paham.

Berikut yang harus diperhatikan dalam memilih calon babon agar hasil ternak bisa memuaskan,karena untuk sukses dalam beternak harus mempunyai babon yang berkualitas agar generasinya bisa bisa menjadi jawara dan menjadi mahal harganya.

1 . Postur panjang

Pilihlah biang dan jago yang memiliki postur tubuh yang panjang dan sekal ( berotot).
hal tersebut mempengaruhi bobot pukulan,daya tahan tubuh,stamina yang bagus dan memiliki pertahanan yang kokoh.

2 . Leher pendek berbentuk leher kuda( pendek berotot)

Pilihlah babon yang memiliki leher pendek dan berotot.

Hal tersebut mempengaruhi pertahan ketika dipukul dibagian leher ,leher tersebut tidak mudah patah karena mempunyai pertahanan yang sangat kokoh.

Selain mempunyai pertahanan yang bagus leher pendek juga berpengaruh terhadap keseimbangan ,kecepatan ,dan mempunyai akurasi yang bagus dalam melepaskan pukulan terhadap lawan.

3 . Ekor naik

Pilihlah babon yang mempunyai ekor yang naik,karena hal tersebut mempengaruhi reflek yang sangat tinggi sehingga tidak kalah biji pukul dalam bertarung dengan lawanya.

4 . Bulu yang keras kaku dan mengkilat.
Pilihlah babon yang mempunyai bulu mengkilat,keras tidak lemes tp bulu sayapnya tipis.

Hal tersebut berpengaruh agresifitas ayam,ayam yang memiliki bulu tersebut sangat agresif lincah dan tidak loyo dalam bertarung .berbeda dengan ayam yang memiliki bulu seperti ayam sayur kusam tidak mengkilat dan bulunya lemes.

5 . Kaki bulat

Pilihlah babon yang berkaki bulat ,karena kaki yang bulat memiliki sasaran pukulan kearah saraf-saraf sekitar bagia kepala secara terus-menerus,sehingga lawan tidak akan mampu bertahan jika terus menerus terkena pukulan.

6 . Dada bidang/paha bulat pipih berotot

Pilihlah babon yang mempunyai dada bidang/paha berotot,hal tersebut berpengaruh terhadap kuda-kuda yang kokoh serta memiliki bobot pukulan yang ajib tentunya.

Semua syarat tersebut berlaku untuk semua jenis ayam adua baik bangkok,Birma pakhoy,mangon dll.

Dalam memilih babon baiknya memenuhi  syarat tersebut agar hasil ternak tidak sia-sia karena beternak ayam aduan menghabiskan biaya dan waktu.

Setelah sudah mempunyai babon yang berkualitas tinggal kita cari calon pemacek yang berkualitas juga.

Di artikel selanjutnya akan saya bahas juga mengenai bagaimana pemacek yang pantas untuk dijadikan bahan ternak.

Baiklah mungkin itu saja penjelasan dari saya simak juga bagian lain yang tidak kalah penting di artikel saya yang lain tentang ayam aduan

Mohon maaf bila ada slah kata ,kami tidak bermaksud menggurui atau sok pinter semua berdasarkan pengalaman yang sudah teruji,semoga sedikit ilmu ini bisa bermanfaat bagi sahabat pecinta ayam aduan.

Salam kukuruyuk

Comments

Update new hero said…
Kalo ciri ayam jengger nya keatas pola nya apa
Baca artikel tentang jengger ayam aduan, nanti kalo kurang jelas ,akan saya coba jelaskan lebih detail lagi

Popular Posts